Members | Sign In
Forum-Bebas > Ngobrol Sesuka Hati (Umum)
avatar

Beberapa Cara Agar Wanita Masuk Surga

posted Mar 22, 2012 12:27:12 by Arief

Wanita penghuni surga memiliki ciri-ciri khusus yang tidak dimiliki oleh wanita-wanita lain, seperti ditulis dalam Buku “Ternyata Wanita Lebih Mudah Masuk Surga” oleh Hj. Iis Nur’aeni Afgandi & Hj. Iis Salsabilah :
1. Beriman dan Bertakwa kepada Allah SWT
Wanita yang beriman, tidak cukup hanya mengatakan secara lisan, tapi juga harus dibuktikan dengan mematuhi segala peraturan yang telah ditentukan Allah dalam bentuk menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya.
2. Berbakti kepada Kedua Orang Tua
Tatacara berbakti kepada ortu yg masih hidup berdasarkan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadist Nabi:
Menaati perintah ortu sepanjang tdk bertentangan dgn syariat Allah SWT.
Berbicara lemah lembut, sopan, tdk mengeraskan suara, dan tdk memotong perkataan keduanya.
Memelihara kehormatan, kemuliaan, dan hak-hak keduanya. Ex: mencium tangan keduanya pagi saat berangkat dan sore saat pulang bepergian.
Melakukan hal-hal yg dpt membahagiakan keduanya, memberikan apa yg diminta oleh keduanya, serta selalu memenuhi sgala kebutuhannya.
Tatacara berbakti kepada ortu yg telah wafat :
Dalam kepengurusan jenazah turut memandikan, menshalati, & mengantarkan ke pekuburan.
Memohonkan ampun bagi mereka.
Memenuhi janji dan hutang keduanya.
Memuliakan teman & kerabat mereka dan mejaga silaturahmi.
Mendoakan mereka, karena doa seorang anak sangat dibutuhkan oleh mereka.
Menjalankan wasiat mereka sebagai bentuk baktinya kpd ortu.
3. Taat dan Menghormati Suami
Menjadi wanita yg taat kepada suami merupakan jalan cepat menuju surga. Hal ini sejalan dengan sabda Rasulullah SAW, “Jika seorang istri mengerjakan shalat 5 waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya, menaati suaminya, niscaya akan dikatakan kepadanya, “Masuklah ke surga.” (HR. Ahmad)
Dalam konteks kehidupan berumah tangga, ketaatan dan penghormatan istri terhadap suaminya dapat diwujudkan dalam sikap-sikap berikut ini :
1. Tidak melanggar hak batin suami
Jika seorang istri enggan menunaikan hak khusus suami ini, termasuk salah satu dosa besar. Rasulullah SAW telah menegaskan hal ini dalam sabdanya, “Jika seorang laki-laki mengajak istrinya ke tempat tidurnya, tetapi ia tidak memenuhi ajakan suaminya, lalu si suami bermalam dalam keadaan marah kepadanya, niscaya malaikat melaknatnya sampai pagi hari”.
2. Tidak melakukan ibadah sunah, kecuali atas izin suami
3. Tidak mengizinkan orang lain masuk ke rumah tanpa izin suami
4. Mengikuti suami dalam hal tempat tinggal
5. Tidak keluar rumah tanpa izin suami
6. Tidak menjadi istri pemalas, pemarah, dan materialistis
7. Selalu mempercantik dan menghias diri untuk menyenangkan suami
8. Menjaga independensi rumah tangga dari campur tangan orang lain
9. Tidak menyebarkan rahasia suami
10. Selalu mendampingi suami dalam suka dan duka
11. Menjadi wanita karier dengan izin suami
4. Gemar Melakukan Ibadah
Wanita yang melaksanakan ibadah fardhu secara sempurna dan ibadah sunah secara istiqomah, dipastikan akan meraih pahala dua kali lipat dan mendapatkan rezeki yang mulia, berupa surga. Beberapa ibadah fardhu dan sunnah antara lain:
Shalat Fardhu dan Sunah
Puasa Ramadhan dan Puasa Sunah
Memperbanyak Sedekah
Menjadikan Al-Qur’an sebagai Sahabat
5. Menjaga Kehormatan dan Menutup Aurat
Kaum wanita bahwasanya ketika dirinya memakai jilbab itu mengandung nilai ibadah. Disamping bukti ketaatan kepada hukum Allah SWT, memakai jilbab atau berbusana muslimah merupakan tindakan preventif atau pencegahan dari pandangan laki-laki yang menjadi penyebab awal terjaidnya perzinahan.
6. Pandai Menjaga Lisan
Menjaga lisan artinya menahan diri dari perkataan yang sia-sia, tidak bermanfaat, berbohong, menyakiti orang lain, dan dari bentuk-bentuk lisan yang tdk baik.
Sebagai contoh : Gosip memang sudah menjadi trademark-nya wanita. Gosip merupakan bentuk konkrit ghibah yang dilarang keras dalam Islam. Dan sudah menjadi rahasia umum jika yang dibicarakan itu adalah gosip-gosip seputar masalah rumah tangga, perselingkuhan, kejelekan orang lain, dan kabar-kabar angin yang belum tentu jelas ujung pangkalnya.
7. Selalu Melakukan Dzikir
Orang yang gemar berdzikir akan dicintai Allah, hidupnya selalu mendapat kemudahan, keberuntungan, dan di akhirat kelak akan dimasukkan ke dalam surga Allah SWT.
[Last edited Mar 25, 2012 20:03:40]
Login below to reply: